Sabtu, 11 Agustus 2018

Perawatan dan Chemical Treatment Kolam Renang

MERAWAT AIR KOLAM RENANG 

Ada beberapa macam kolam renang, akan tetapi bila digolongkan lagi terbagi menjadi dua yaitu kolam renang umum (komersial) dan kolam renang pribadi. Kolam kolam tersebut ada yg di dalam ruangan dan di luar ruangan (kolam terbuka).

Tingkat kesulitan dalam perawatan kolam renang, diurutkan dari yang termudah yaitu: 
1. Kolam renang pribadi yang berada di dalam ruangan.
2. Kolam renang pribadi yang berada di luar ruangan.
3. Kolam renang umum (komersial) yang berada di dalam ruangan.
4. Kolam renang umum (komersial) yang berada di luar ruangan. 

"Mengapa kita harus merawat air kolam renang kita...?"
"Apa penyebab kolam renang kita menjadi kotor.....?" 
air pada kolam renang anda  mau di buang begitu saja jika kotor???
Sebelum anda membuang air kolam renang anda, coba anda hitung berapa puluh bahkan berapa ratus meter kubik air yang anda buang saat itu??? Berapa jumlah uang yang harus anda keluarkan untuk membuang dan mengisi kembali air tersebut??? Berapa lama anda bisa membuat air kolam tersebut penuh kembali??? Berapa lama air tersebut mampu bertahan??? 
Jadi rawatlah air kolam renang anda agar tetap jernih tanpa membuang buang uang tenaga dan waktu anda. Karena air kolam renang yang tidak terawat akan menjadi hijau, selanjutnya lantai kolam akan ditumbuhi oleh lumut.

Beberapa penyebab air kolam renang menjadi kotor dan hijau, diantaranya sisa sisa detergen yang melekat pada baju perenang, keringat, minyak, rambut, liur, ingus, makanan , debu yang terbawa angin, matahari, air hujan, air baru yang belum ditreatment dan lain sebagainya. Dari beberapa penyebab diatas yang paling ribet dan menjengkelkan adalah orang makan didalam kolam renang dan memakai baju selain baju renang (levis dsb). Walaupun di setiap kolam renang sudah ada peraturan dipintu masuknya, bahkan beberapa kolam renang sampai menulis larangan tersebut dengan besar dan jelas. Tapi masih ada saja pemandangan orang makan didalam kolam renang umum terpampang di depan mata. Kapan negri ini bisa maju ya, kalau orangnya seperti itu semua hihihihi.....


"Bagaimana cara merawat air kolam renang yang baik dan benar.....?"


Pengobatan air kolam renang secara tepat diperlukan untuk menjaga air kolam renang agar aman dan bersih untuk para perenang, dan pengobatan air kolam renang ini dapat menghemat waktu dan uang para pemilik kolam renang. Sebelumnya pastikan anda sudah memenuhi persyaratan dibawah ini,
~Filter dan pompa memenuhi syarat dengan volume kolam renang.
~Sistem pemipaannya memenuhi syarat.
~Memiliki peralatan pembersih kolam (vacum+selang, sikat kolam dll)
~Memilih chemical apa yang akan digunakan.
~Memiliki test kit pH cl

Macam Chemical Yang Sering Digunakan
~Kaporit 60% - 65% - 90%
~Soda Ash
~PAC
~Tawas
~Terusi
~HCL

Secara fisik kaporit ada 4 yaitu cair, serbuk, butiran dan padat (tablet & stik) dengan kadar yang berbeda beda dan berasal dari beberapa negara yaitu Indonesia, China, Belgia dan Amerika.
-Kaporit 60% dan 65% fungsinya untuk menambah kadar klorin dan pH, sedang yang 90% hanya menambah kadar klorinnya saja. Dapat memberantas dan mengontrol bakteri penyakit yang dibawa oleh manusia maupun yang terbawa oleh angin dan hujan.
-Soda Ash biasanya berbentuk serbuk dengan rasa agak asin  Fungsinya untuk menaikkan pH.
-PAC atau poly aluminium chlorine Biasanya berasal dari China dan Jepang berfungsi untuk mengendapkan.
-Tawas sama fungsinya dengan PAC tapi masih lebih bagus PAC.
-Terusi berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut pada air (warna hijau pada air) dan memberi efek biru pada air.
-HCL berfungsi untuk menurunkan pH yang terlalu tinggi.
Jika kita sudah mahir dan benar benar paham karakter dari kimia di atas maka kita cukup menggunakan kaporit 65% dan 90% saja. Dengan catatan "Jangan Mencampur Kimia Kimia Tadi Dalam Satu Wadah Dalam Penyimpanan Dan Pemakaiannya". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar