Sabtu, 29 September 2018

BEBERAPA UKURAN KOLAM RENANG STANDAR PERLOMBAAN BESERTA FUNGSINYA

BEBERAPA UKURAN KOLAM RENANG STANDAR BESERTA FUNGSINYA

Beberapa Ukuran Kolam Renang Standar Beserta Fungsinya
Setiap alat atau bahan yang diproduksi secara resmi akan memiliki standar yang ditentukan oleh lembaga tertentu yang resmi dan tidak hanya untuk membuat yang ecek-ecek atau asal. Termasuk salah satunya adalah kolam renang.Terutama jika kolam renang berfungsi untuk berlatih perlombaan renang baik tingkat nasional maupun internasional.Tak jarang kolam renang umum sengaja membuat tipe kolam renang yang hanya persegi panjang ini dan menyesuaikan dengan kolam renang standar internasional, agar beberapa orang bisa memanfaatkan tempat ini untuk berenang secara serius.
renang merupakan suatu olahraga yang dilakukan di air, olahraga ini melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Renang mempunyai banyak gaya yang diperlombakan saat ada kejuaraan seperti olimpiade, Pekan Olahraga Nasional, kejuaraan olah raga tingkat nasional maupun Internasional.Jika anda merupakan salah satu orang yang ingin tahu atau mungkin butuh pembuatan kolam renang untuk ukuran standar internasional mungkin anda bisa melihat hal berikut.
Ukuran internasional
Untuk ukuran internasional, panjang dari renang sepanjang 50 meter dengan lebar kolam renang sebesar 25 meter.Lebar dan panjang ini tidak boleh lebih atau kurang, dan berbentuk persegi panjang biasa. Tidak didesain dengan bentuk lain. Selain itu pembangunan haruslah lurus dan tidak boleh melenceng. Untuk kedalaman kolam renang, bisa beragam yang digunakan minimum kolam yaitu 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start. Kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1,0 m.
Untuk suhu di dalam kolam renang haruslah suhu 25- 28 derajat celcius saja, tidak boleh lebih atau kurang, karena akan membahayakan perenang dan juga untuk perlombaan maka tidak dianggap keadaan yang sesuai peraturan, perlombaan bisa dibatalkan atau bermasalah. Jika renang atau perlombaan dilakukan malam hari maka kolam harus diterangi lampu, sebesar 1500 lumen lampu harus disorotkan dan dibiaskan ke arah kolam agar tidak terlalu gelap namun tidak juga terlalu menyilaukan. Dalam satu kolam renang jika ingin digunakan untuk perlombaan maka dibuat 8 lintasan untuk satu kolam renang, sehingga pertandingan bisa diikuti 7 – 8 perenang. Sedangkan garis lebar yang harus diikuti adalah 2,5 meter.
Ukuran nasional
Untuk ukuran nasional mungkin tidak jauh berbeda, namun beberapa ada yang yang diubah. Panjang dan lebar sama besarnya 50 meter dan 25 meter. Kedalaman kolam renang agak berbeda karena haruslah minimal 2 meter.Sehingga dikatakan cukup dalam.garis lebar 2,5 meter dan lintasan sama berisi 8 lintasan. untuk suhu dan cahaya dilakukan sama seperti ukuran internasional.
Fungsi lainnya
Keamanan merupakan alasan pertama kenapa kolam renang haruslah seukuran atau berukuran sesuai nasional dan internasional. Dengan begitu kolam renang akan ideal karena sudah tertentukan dengan berbagai ukuran. Standar dianggap aman untuk kolam renang dengan ukuran yang memadai.Selain itu alasan keamanan, kebersihan dan mudahnya kolam renang digunakan dengan keadaan lebih fleksibel membuat standar nasional tersebut dianjurkan.Ukuran standar nasional dan internasional juga bisa digunakan secara bersama tanpa adanya benturan.Ditambah anda bisa gunakan untuk berlatih. Agak jarang memang kolam pribadi sesuai dengan ukuran standar nasional dan internasional tetapi anda tetap bisa menemukan kolam renang jenis seperti ini di gedung olahraga umum khusus di setiap kota di Indonesia.




Alamat :
Jl. Kp.grogol Sebrang No. 3, Rt. 001 Rw.06 Kel. Limo Kec. Cinere, Depok 16514 Jawa Barat - Indonesia.

Telp. 021.779 72 751

Mobile/wa : 0812 9156 5358 / 0811 94 24 28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar